Menggali Potensi Diri | Anastanindya - The Story
Photo by Annie Spratton Unsplash

Definisi Potensi Diri

Potensi diri adalah sebuah kemampuan yang tersembunyi dan mengendap yang dapat menjadi sebuah kelebihan pada diri sendiri dimana semuanya masih bisa dikembangkan kemampuan dan kapasitasnya sehingga dengan demikian, seseorang harus mengetahui bagaimana potensi tersebut dapat dieksploitasi dengan maksimal. Jika dilansir menurut KBBI, potensi diri adalah kemampuan dan kualitas yang dimiliki seseorang, tapi belum sepenuhnya dieksploitasi.

Mengenali Potensi yang Ada dalam Diri Sendiri

Potensi manusia di bagi menjadi 5, yaitu potensi fisik, potensi mental intelektual, potensi sosial emosional, potensi daya juang, dan potensi mental spiritual. Bagi saya, potensi tertinggi yang saya miliki adalah potensi sosial emosional dimana terdapat kemampuan penyesuaian diri pada sebuah lingkungan atau situasi yang baru dan tidak kaku dalam menerima perubahan, serta dari segi emosi, kemampuan menghargai dan menyadari keindahan akan suatu hal juga saya miliki, juga ketika mendapatkan kritik tertentu saya dapat menjadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk saya dalam berkembang sehingga potensi dapat maksimal. Selain itu, saya memiliki keluarga yang supportif sehingga hal itu menjadi sebuah potensi juga karena tidak dapat membuat saya tidak ragu dalam berkembang dan belajar.

Kemudian yang kedua adalah potensi berpikir dimana memang sejatinya manusia memiliki akal dan pikiran, walau sering kali kurang aktif untuk digunakan secara benar. Akan tetapi, saya merasa bahwa saya memiliki potensi untuk belajar mengenai informasi baru dan menghasilkan pemikiran baru secara cepat dan terstruktur.

Langkah Memaksimalkan Potensi Diri

Strategi yang digunakan untuk memaksimalkan masing-masing potensi diri saya adalah dengan membuat tujuan hidup baik jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang, yang kemudian dievaluasi secara berkala melalui sebuah catatan jurnal harian terkait peristiwa yang dialami sehari-hari juga hal-hal apa yang sudah dilakukan dan hendak dilakukan, dengan demikian catatan tersebut dapat menjadi sebuah alat interospeksi dan evaluasi diri demi memaksimalkan potensi diri. Membangun lingkungan yang positif dan pertemanan yang baik juga menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan demi memaksimalkan potensi diri karena setiap manusia membutuhkan feedback dari orang lain di sekitarnya dan tentunya feedback yang baik berasal dari lingkungan yang baik. Yang terakhir adalah dengan mencoba hal baru misalnya terkait hobi ataupun keahlian baru yang mungkin belum pernah kita lakukan sebelumnya.

Potensi Diri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *