Contoh ide usaha - anastanindya

Apa kira-kira bisnis yang potensia? Sebuah pertanyaan yang sering muncul ketika kita memutuskan untuk menjadi seorang enterpreuner. Ide bisnis ada di sekitar kita dan bisa muncul kapanpun ketika melakukan suatu aktivitas ataupun ketika kita sedang melakukan suatu analisa pasar dan kebutuhan masyarakat. Banyak sekali sumber yang dapat digunakan untuk mencari ide dalam berbisnis yang potensial dan menghasilkan, bahkan mudah untuk dilakukan. Bisa itu bisnis baru yang sama sekali belum pernah ada, ataupun sebuah modifikasi dimana terkait dengan trobosan baru pada hal yang sudah ada dengan menambah nilai unik di dalamnya.

Sumber ide bisnis baru

1. Konsumen atau pelanggan

Hal ini terkait dengan potensial pasar karena pelanggan atau konsumen yang akan menjadi target kita. Kira-kira apa yang dibutuhkan masyarakat yang mungkin dapat menjadi peluang usaha. Baik itu menciptakan produk baru, atau mencari celah pada tren yang sudah ada. Kepuasan pelanggan adalah salah satu hal yang sangat penting bagi sebuah usaha jika ingin berhasil.

2. Pameran

Dengan rajin mengikuti pameran, maka kita bisa menemukan suatu ide atau trobosan baru. Selain itu, kita juga bisa menjalin relasi demi kemajuan bisnis kita dan relasi dengan orang lain

3. Hobi atau minat

Hobi adalah sebuah aktivitas yang digemari dan dilakukan demi untuk mengisi waktu luang dan menyegarkan pikiran. Berkaitan dengan hobi, banyak orang yang menjadikannya sebagai sebuah bisnis karena passion yang dimiliki.

4. Kebijakan pemerintah

Pemerintah seringkali mengeluarkan kebijakan baru yang sangat potensial untuk dijadikan sebuah bisnis jika kita jeli sehingga bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan baik.

Inside out (idea generation)

Pendekatan berdasarkan gagasan sebagai kunci yang menentukan keberhasilan usaha. Mereka melihat keterampilan sendiri, kemampuan, latar belakang, dan sebagainya yang menentukan jenis usaha yang akan dirintis

Ide 1

Klinik fisioterapi tumbuh kembang anak

1. Bidang dan jenis usaha yang dimasuki adalah bidang jasa-jasa perorangan (personal service) dimana dalam kepemilikan klinik fisioterapi merupakan sebuah usaha jasa di bidang kesehatan yang mengandalkan keahlian seseorang dan penanganan terhadap klien/pasien.

2. Bentuk usaha dan bentuk kepemilikan yang akan dipilih adalah persekutuan (partnership) dengan beberapa orang fisioterapi lain, berkolaborasi juga dengan profesi lain seperti terapis wicara, okupasi terapi, dokter, dan psikolog anak dimana profesi ini memiliki keterlibatan dengan terapi tumbuh kembang anak.

3. Tempat usaha yang akan dipilih adalah sebuah ruko yang memiliki akses yang mudah ditemukan dan dijangkau klien dengan jalan masuk yang lumayan lebar hingga mobil bisa parkir di depan ruko tersebut. Tempat terapi akan didesain dengan bentuk yang disenangi anak-anak. Ruko yang digunakan adalah ruko miliki pribadi hasil kerja sama dengan pembagian bagi hasil.

4. Organisasi usaha yang akan digunakan adalah sebagai pengusaha kecil dimana berperan sebagai small business owner manager atau small businessoperator dengan mengandalkan bagian-bagian kegiatan operasional bisnis seperti bagian maintenance, bagian administrasi, bagian keuangan, dan bagian logistic.

5. Lingkungan usaha yang akan berpengaruh adalah

a. lingkungan mikro : manajer, klien/pasien, pemasok alat-alat bantu untuk klien.

b. lingkungan makro :

– lingkungan demografi dan gaya hidup. Hal ini sangat mempengaruhi perkembangan bisnis karena perkembangan tumbuh kembang anak juga seringkali diperngaruhi oleh pola asuh orang tua dan tren saat itu.

– lingkungan sosial politik memiliki kecenderungan untuk pengaruh terhadap kebijakan profesi seperti perubahan syarat pendirian klinik, dan sebagainya.

6. hambatan-hambatan dalam memasuki ranah ini adalah keahlian dari terapis yang terlibat, biaya perubahan seprti pelatihan terapis, perbaikan atau pergantian alat terapi, juga respons dari klien.

Ide 2

Usaha breeder ball phyton

1. Bidang dan jenis usaha yang dimasuki adalah termasuk dalam bidang usaha pertanian karena berurusan dengan perkembangbiakan hewan.

2. Bentuk usaha dan bentuk kepemilikan yang akan dipilih perusahaan perorangan dimana diselenggarakan oleh sendiri dan ternak sendiri dengan bantuan dalam mempekerjakan orang lain

3. Tempat usaha yang akan dipilih adalah rumah dengan ruangan yang luas dan lingkungan sekitar yang rindang karena ball phyton membutuhkan lingkungan dengan kelembapan yang tinggi. perlu memiliki kandang-kandang kecil untuk masing-masing individu. Lingkungan juga yang tidak terlalu bising karena tempat asli

4. organisasi usaha terdiri dari karyawan yang bertugas merawat, logistic, pemasaran, finance, dan manajemen.

5. Lingkungan usaha yang akan berpengaruh adalah terkait dengan pengadaan bahan pangan, bagi ball phyton, perubahan cuaca yang ekstrem, juga tren masa kini karena penggemar hewan-hewan eksotik seperti ini ada musimnya.

6. hambatan yang mungkin akan terjadi adalah tren yang mudah berubah, biaya kerugian jika hewan sakit.

the outside in (opportunity recognition)

Pendekatan yang menekankan pada basis ide bahwa suatu perusahaan akan berhasil apabila merespons atau menciptakan suatu kebutuhan di pasar dimana opportubity recognition tidak lain adalah pengamatan lingkungan.

Ide 1

Supplier dan petani Tanaman hidroponik beserta perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat tanaman hidroponik

1. Bidang dan jenis usaha yang dimasuki adalah bidang pertanian dimana mengusung pertanian modern dengan budidaya secra hidroponik, juga menyediakan perlengkapannya agar masyarakat dapat menanam sendiri di rumah.

2. Bentuk usaha dan bentuk kepemilikan yang yanng dipilih adalah perusahaan perorangan

3. Tempat usaha yang akan dipilih sebuah greenhouse dan tanah yang luas dengan situasi yang memiliki sinar matahari cukup.

4. Organisasi usaha yang akan digunakan adalah tim keuangan, manajemen, pemasaran yang dibagi dua menjadi admin sosial media dan ecommerce serta secara keseluruhan, pengadaan bahan baku dan bekerja sama dengan supplier-supplier lainnya sebagai pemasok bahan baku juga

5. Lingkungan usaha yang akan berpengaruh adalah terkait dengan peraturan pemerintahan terkait pengiriman dan penyediaan, ketersediaan bahan pokok, perubahan cuaca,

6. hambatan yang dialami biasanya adalah terkait hama atau kerusakan pada tanaman, mogoknya suplai bahan baku, keterampilan karyawan dalam manajemen pupuk dan air, gangguan sinyal terkait dengan jual beli melalui ecommerce dan sosial media.

Ide 2

Usaha catering makanan sehat ala diet tapi tetap makan enak.

1. Bidang dan jenis usaha yang dimasuki adalah bidang usaha jasa perorangan dimana terkait dengan usaha catering yang dijalankan dengan perorangan yang disesuaikan dengan permintaan klien dimana klien diberikan beberapa paket jenis menu untuk mingguan atau bulanan.

2. Bentuk usaha dan bentuk kepemilikan yang akan dipilih adalah usaha perorangan.

3. Tempat usaha yang akan dipilih adalah ruko strategis pinggir jalan yang berisikan dapur dengan berbagai alat masak yang memadai untuk memasak pesanan

4. Organisasi usaha yang akan digunakan adalah owner business manage yang melibatkan tim yang terdiri dari manajemen, bagian keuangan, bagian pemasaran baik offline maupun online, koki yang memasak, tim pengembangan dan survey menu, ahli gizi.

5. Lingkungan usaha yang akan berpengaruh terkait dengan pemasok bahan, kesehatan karyawan, manajer, keinginan klien atau konsumen, serta kecenderungan demografi dan gaya hidup terkait selera dalam hal makanan, juga tentang terkait dengan perekonomian negeri yang berpengaruh pada biasa operasional dan bahan baku.

6. hambatan yang biasa terjadi adalah terkait kenaikan bahan baku, bahan baku yang tidak terpakai, kerusakan alat yang digunakan, dan perubahan tren dalam hal selera makanan dan tren diet.

Ide Usaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *